Senin, 12 Januari 2009

KTSP

MADRASAH TSANAWIYAH
MATHLABUSSA’ADAH TENJONAGARA CIGALONTANG
Alamat: Jl. Raya Cigalontang KM.6 Ds. Tenjonagara Cigalontang Tlp. 547222
Tasikmalaya 46463



PENGESAHAN
Nomor :………………………

Setelah mempertimbangkan masukan Komite Madrasah, Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Mathlabussa’adah Tenjonagara Cigalontang Tahun Pelajaran 2008-2009 ditetapkan berlaku terhitung mulai tanggal 01 Januari 2009.

Pada akhir tahun pelajaran, pelaksanaan kurikulum ini akan dievaluasi dan/atau ditinjau ulang yang hasilnya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan penyusunan dan penetapan KTSP untuk tahun pelajaran berikutnya.

Ditetapkan di : Tasikmalaya
Pada Tanggal : Nopember 2008

Ketua Komite Madrasah, Kepala




A. Didi Ilyas Basuni Drs. Nuryamin



Mengetahui,
Kepala Seksi Mapenda Islam
Kandepag Kab. Tasikmalaya,





DRS. H. HOTIMUL MANAN, M.Pd
NIP. 150244254





KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadhirat Alloh SWT dan bersholawat untuk baginda Rosululloh Muhammad SAW , Tim Penyusun Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Mathlabussa’adah Tenjonagara Cigalontang dapat menyelesaikan penyusunan kurikulum untuk digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan dalam menentukan berbagai kebijakan dan kegiatan belajar mengajar, agar terencana, terarah dan tepat tujuan yang akan dicapai khususnya dalam mengantarkan peserta didik menjadi Generasi Qurani yang Tekun Ibadah, Berakhlakul Karimah dan Unggul Berprestasi sebagai bekal hidup dan bekal membangun negeri tercinta Indonesia.

Dalam penyusunan Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Mathlabussa’adah Tenjonagara Cigalontang ini kami berupaya semaksimal mungkin menyajikan konsep, perangkat, serta strategi yang ideal. Hal ini dilakukan agar Madrasah secara kelembagaan dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta tuntutan desentralisai. Dengan cara seperti itu, Madrasah tidak akan kehilangan relevansi program pembelajaran.

Namun karena berbagai keterbatasan yang ada pada kami kekurangan dan kesalahan tidak bisa kami hindari. Namun kurikulum ini akan senantiasa kami sempurnakan secara berkelanjutan seiring dengan perkembangan dan kebutuhan di Madrasah kami.

Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan serta bimbingan demi terselesaikannya KTSP ini, kami ucapkan terima kasih. Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan Rahmat dan Petunjuknya kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan amaliyah kita sehari-hari. Amiin .
Cigalontang,
Kepala


Drs. Nuryamin
NIP :









DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan------------------------------------------------------------------ i
Prakata ------------------------------------------------------------------------------- ii
Daftar Isi------------------------------------------------------------------------------ iii

BAB 1 PENDAHULUAN----------------------------------------------------------------------- 1
A. Rasional------------------------------------------------------------------- 1
B. Landasan Hukum---------------------------------------------------------- 3
C. Pengertian-pengertian------------------------------------------------------ 3

BAB 11 VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH----------------------------------------- 4
A. Visi Madrasah ------------------------------------------------------------ 4
B. Misi Madrasah------------------------------------------------------------ 4
C. Tujuan Madrasah---------------------------------------------------------- 4

BAB 111 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN--------------------------------------- 5

BAB 1V STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM------------------------------- 13
A. Struktur Kurikulum-------------------------------------------------------- 13
1. Kerangka Dasar Kurikulum-------------------------------------------- 13
a. Komponen Mata Pelajaran---------------------------------------- 13
b. Komponen Muatan Lokal----------------------------------------- 14
c. Komponen Pengembangan Diri------------------------------------ 14
2. Struktur Kurikulum---------------------------------------------------- 15
B. Muatan Kurikulum--------------------------------------------------------- 16
1. Komponen Mata Pelajaran-------------------------------------------- 16
2. Komponen Muatan Lokal--------------------------------------------- 21
3. Komponen Pengembangan Diri---------------------------------------- 22
C. Beban Belajar------------------------------------------------------------- 22
D. Pendidikan Kecakapan Hidup ( life Skill )--------------------------------------- 23
E. Pendidikan Berbasis Keunggulan Local dan Global------------------------- 23

BAB V KRITERIA---------------------------------------------------------------------------- 24
A. Kriteria Ketuntasan Minimal----------------------------------------------- 24
B. Kriteria Kenaikan Kelas--------------------------------------------------- 25
C. Kriteria Kelulusan--------------------------------------------------------- 25

BAB V1 KALENDER PENDIDIKAN---------------------------------------------------- 26


BAB VII PENUTUP------------------------------------------------------------------------27

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Silabus --------------------------------------------------------------------
2. RPP-----------------------------------------------------------------------
3. Surat Keputusan Kep. Madrasah------------------------------------------
- SK Tim Penyusun KTSP----------------------------------------------
- Profil Madrasah-------------------------------------------------------
- Data lain yang relevan--------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar